Mudahnya Cara Daftar BPJS Online yang Wajib Anda Ketahui

Bila selama ini masyarakat hanya mengetahui proses pendaftaran peserta BPJS hanya bisa dilakukan dengan mendatangi langsung kantor BPJS terdekat, kini telah tersedia layanan pendaftaran BPJS online yang caranya pun terbilang sangat mudah. Anda juga tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukan proses pendaftaran secara online. Bahkan, Anda bisa melakukan pendaftaran di sela kesibukan ataupun pekerjaan Anda. 


Banyak orang seringkali enggan untuk menjadi peserta BPJS karena malas mengurus proses pendaftaran ataupun karena tak punya banyak waktu untuk melakukan proses pembayaran rutin tiap bulan. Hal ini cukup masuk akal karena memang banyak yang mengira sistem pendaftaran serta pembayaran BPJS masih dilakukan secara konvensional dengan datang langsung ke kantor BPJS terdekat. Seiring degan perkembangannya BPJS tentu melakukan beberapa inovasi dan pembenahan untuk bisa memudahkan masyarakat yang ingin mendapatkan layanan dan fasilitas kesehatan lebih terjangkau yaitu dengan disediakan platform pendaftaran serta pembayaran BPJS online yang sangat mudah. Dengan adanya pilihan layanan online, hal ini diharapkan semakin banyak masyarakat yang bisa memanfaatkan layanan dan fasilitas BPJS yang mungkin jauh lebih besar dibandingkan asuransi kesehatan komersial lainnya.

Tips Mudah Daftar BPJS Online

Bila saat ini Anda belum terdaftar sebagai peserta BPJS, Anda tak perlu khawatir lagi karena di era yang serba digital, Anda bisa dengan mudah mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS secara online. Daftar BPJS online pun tidak sulit karena Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Pindai dokumen persyaratan yang dibutuhkan

Calon peserta BPJS hendaknya menyiapkan beberapa dokumen wajib sebagai persyaratan pendaftaran seperti KTP, KK, NPWP, serta nomor rekening bank yang nantinya digunakan untuk pembayaran iuran BPJS. Supaya Anda bisa lebih hemat dalam hal membayar iuran BPJS, Anda bisa menggunakan rekening bank yang sama dengan rekening BPJS seperti BRI, BNI, dan Mandiri.

2. Kunjungi situs resmi BPJS

Bila dokumen yang disyaratkan sudah Anda persiapkan, selanjutnya Anda hanya perlu mengunjungi website resmi BPJS untuk melakukan proses pendaftaran. Menu pendaftaran BPJS online tersedia di halaman utama. Setelah Anda memilih menu pendaftaran, Anda akan disuguhi halaman Pendaftaran Peserta yang berisi penjelasan persyaratan dan ketentuan peserta BPJS. Anda hanya perlu tanda setuju untuk melanjutkan proses pendaftaran sehingga halaman situs pun beralih ke halaman kepesertaan BPJS. Pilih kategori yang sesuai dengan status Anda. Masukkan nomor kartu keluarga serta anggota keluarga yang diikutkan dalam kepesertaan BPJS.

3. Mengisi formulir pendaftaran

Anda akan masuk ke halaman formulir pendaftaran. Anda hanya perlu mengisi semua data yang dibutuhkan lalu mengunggah dokumen yang sudah dipindai sebelumnya sebagai persyaratan kepesertaan BPJS. Bila proses berhasil maka Anda akan mendapatkan akun virtual untuk melakukan pembayaran BPJS online

Setelah Anda melakukan pembayaran iuran BPJS pertama maka Anda akan menerima e-ID yang bisa dicetak sebagai tanda bukti kepesertaan BPJS Anda. Untuk mencetak e-ID tersebut, Anda bisa mendatangi kantor BPJS terdekat. Kartu tersebut sangat penting bila sewaktu-waktu Anda membutuhkan layanan kesehatan nantinya. 

Pada dasarnya proses pendaftaran online tersebut tak jauh berbeda dengan pendaftaran offline. Hanya saja, dengan adanya layanan pendaftaran online, Anda bisa melakukan pendaftaran kepesertaan BPJS di mana saja dan kapan saja selama Anda memiliki perangkat komputer atau laptop yang terkoneksi internet. Namun, untuk mencetak kartu e-ID peserta BPJS, Anda tetap perlu datang ke kantor BPJS terdekat. Adanya layanan pendaftaran BPJS online tersebut pastinya sangat memudahkan bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan dan fasilitas kesehatan yang lebih terjangkau.


EmoticonEmoticon