Opsi Metode Pembayaran Tagihan Listrik PLN Beserta Plus Minus-nya



Membayar tagihan listrik PLN utamanya bisa dilakukan dengan beragam metode yang bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan serta situasi kondisi dari pemilik saluran listrik tersebut. Secara garis besar, metode tersebut terbagi menjadi dua pilihan.
Yakni antara pra-bayar atau juga pasca bayar. Semuanya memiliki plus dan minus tersendiri sebagai bahan pertimbangan.


Metode Pembayaran Pra-bayar

Saat Anda menggunakan metode pembayaran listrik pra-bayar maka Anda akan bisa secara mandiri mengontrol penggunaan listrik sekaligus juga berapa nominal yang harus Anda keluarkan untuk kebutuhan listrik Anda. Hal ini bisa menjadi nilai plus tersendiri bagi Anda tipe orang super teliti yang ingin berhemat dengan cara yang jauh lebih konkrit ataupun real.

Anda bisa membayar tagihan listrik pra-bayar pada agen terpercaya tempat Anda berlangganan dan sediakan waktu luang untuk mengurusi instalasi listrik Anda agar bisa tersambung listrik dalam kurun waktu ke depannya. Listrik Anda akan tetap menyala selama saldo listrik yang telah Anda beli masih mencukupi untuk Anda gunakan dalam keseharian.

Metode satu ini memerlukan sebuah komitmen dari individu untuk peka serta teliti terhadap status listrik prabayar di rumah. Kenapa? Karena jika Anda teledor atau ceroboh sedikit saja misal saat penggunaan listrik Anda tak termenej dengan bagus alias boros dan Anda lupa mengecek saldo listrik Anda maka bisa-bisa listrik Anda terputus dan tak nyala kembali ya.

Hal tersebut tentu sebagai bentuk dari sisi minus dari sistem pembayaran listrik metode pra-bayar. Tak ada toleransi lagi, jika Anda tak bisa mengatur pemakaian listrik sekaligus juga Anda pelupa maka bisa-bisa tanpa adanya jadwal isi ulang yang terorganisir listrik di rumah Anda akan padam secara otomatis. Kegiatan Anda pun pasti akan tersendat karena hal ini ya.

Metode Pembayaran Paska Bayar

Yang selanjutnya yakni dengan membayar tagihan listrik PLN berdasarkan dengan cara paska bayar. Hal ini bisa membuat Anda lebih leluasa menggunakan listrik sesuai dengan kemauan Anda tanpa harus khaatir kehabisan saldo dan sewaktu-waktu listrik Anda akan dipadamkan. Anda bisa menikmati listrik semau Anda selagi Anda bertanggung jawab ya.

Hal tersebut bisa menjadi nilai plus bagi Anda khususnya individu sibuk yang lebih memilih semua hal terurus oleh ahlinya dan Anda sebagai pelanggan menginginkan service full dan tinggal bayar saja sesuai dengan tagihan tanpa harus memikirkan hal ribet lainnya untuk bolak-balik isi ulang dan segala cara penghematan personal yang biasa sukar dikendalikan.

Namun dari sisi minus-nya jika tiba masa pembayaran maka mau tak mau Anda tetap harus mendatangi loket PLN atau bahkan mengantri jika perlu demi menyelesaikan tagihan listrik Anda selama sebulan ke belakang. Hal ini bisa menjadi suatu masalah bagi Anda yang tak memiliki waktu luang. Apalagi jika pemakaian boros dan Anda belum persiapan soal biaya.


Dari kedua metode tersebut ada beragam plus minus yang bisa Anda bandingkan untuk kemudian Anda pilih cara mana yang Anda rasa paling tepat untuk Anda gunakan. Apakah cara pra-bayar yang lebih ribet namun juga bisa terkendali dari segi pemakaian ataukah dengan paska bayar yang bisa membuat Anda santai namun harus tetap bertanggung jawab.

Jika Anda masih bingung menentukan metode terbaik membayar tagihan listrikPLN dengan cara di atas maka Anda bisa andalkan Blibli untuk solusi terpercaya. Baik pra-bayar atau paska bayar kini Anda bisa lunasi dengan gadget cukup dari rumah. Tak ada lagi antrian panjang ataupun listrik putus dan dipadamkan secara sepihak. Bijaklah menggunakan listrik!
First


EmoticonEmoticon